Dampak Negatif Sering Mengganti Template Blog

Dampak Negatif Sering Mengganti Template Blog - Banyak blogger yang sering bergonta-ganti template semata-mata untuk mempercantik tampilan blog, padahal dampak sering mengganti template blog begitu mengerikan. Ya, lebih banyak akibat buruk daripada akibat baik yang blogger peroleh karena sering mengganti template blog.

Sering mengganti template blog sangat tidak dianjurkan oleh para master blogger, begitu yang saya tangkap. Jangan mengganti template blog jika blog kita blog yang sedang berkembang. Silakan ganti template blog jika blog kita merupakan blog mapan dengan visitor setia melimpah dan memang dirasa perlu melakukan penyegaran tampilan blog.

Lalu, apa sebenarnya akibar terlalu sering mengganti template blog? Sebenarnya tidak hanya akibat buruk, ada akibat baik yang kita dapat karena sering mengganti template blog, hanya saja tidak seberapa jika dibandingkan dengan akibat buruknya.


Akibat Buruk Sering Mengganti Template Blog

Jika ingin mengganti template blog Anda, pertimbangkan tiga hal dasar berikut:
  1. Melelahkan, kita harus melakukan setting ulang lagi saat kita ganti template.
  2. Confused Visitor, pengunjung setia blog kita harus membiasakan diri dengan template baru kita, mulai dari navigasi menu template, tampilan dan warna, dan sebagainya
  3. Nilai SEO kita turun karena mengganti template. Hal tesebut terjadi karena kita akan menambahkan beberapa link dan mengganti beberapa link di blog sehingga memungkinkan terjadinya penambahan crawled error pada blog yang mungkin sebelumnya sudah ada saat mengganti template blog.
Sumber: Tumorang Kreasi IT.

Saya akan khusus membahas poin ke 3, yaitu sering mengganti template berakibat menurunnya nilai SEO blog. Pengalaman saya tentang gonta ganti tamplate akan saya share agar mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda sebelum mengganti template blog. Efek samping gonta-ganti template adalah sebagai berikut :

Broken Link Bertambah

Broken link akan bertambah ketika kita mengganti template blog, pengalaman membuktikan broken link atau link yang rusak menjadi faktor utama mengapa sering gonta-ganti template itu tidak baik bagi blog. Seperti yang sudah pernah dibahas, bahwa broken link menjadi pertimbangan untuk menentukan reputasi blogkita.

Traffic Visitor Blog Turun

Penurunan  traffic visitor blog akan turun perlahan setelah kita mengganti template blog. Mengapa, apa hubungan mengganti template blog dengan turunnya visitor blog? Sederhana saja, ada 3 alasan yang saya temukan:

1. Robot Pencari Mengalami "Kebingungan" Sehingga Blog Susah Terindex

Template blog yang sering diganti dapat membuat robot pencari susah mengindex blog kita, karena si robot akan membaca ulang susuan situs kita. Search engine mengalami crawl error, atau error saat seacrh engine melakukan pengumpulan data (mengindeks) blog ,memberikan peringkat serta menyusun dan menata halaman blog dalam bentuk index terstruktur agar lebih mudah dicari dalam waktu singkat. Ibarat rumah, jika template diganti tidak hanya membingungkan pemilik tetapi juga pengunjung blog termasuk search engine.

2. Pengunjung Sering Menemukan Blog dalam Kondisi Tidak Siap

Karena setelah mengganti template blog kita harus menata ulang semua tampilan, widget, dan link, pengunjung yang datang ke blog kita akan menjumpai blog kita dalam keadaan tidak siap karena penataan ulang yang kita lakukan belum selesai. Yang lebih parah, pengunjung banyak menjumpai broken link setelah template blog diganti. Ketidaknyamanan inilah yang akanmembuat pengunjung "kapok"dan segera pergi dari blog kita. Ini yang bahaya, karena kita tahu bahwa durasi pengunjung blog yang singgah juga menjadi peritungan reputasi blog kita.

Jika kemudian kita memilih untuk menututp blog kita untuk sementara sampai perbaikan selesai pasca mengganti template blog, kita akan terancam kehilangan pengunjung setia. Dan lagi-lagi bahaya!

3. Widget Kacau

Setelah mengganti template blog, hal ini lah yang paling sering terjadi. Widget yang sudah rapih terpasang kembali kacau dan perlu penataan ulang. Saat kita belum sempat memperbaikinya, pengunjung blog akan menjadi tidak nyaman dalam menikmati konten blog kita. Akibatnya, tentu saja pengunjung akan lari ke toko sebelah.

Alexa Rank Blog Turun

Alexa Rank akan turun setelah mengganti template blog, ini yang biasanya menjadi pertimbangan utama para blogger sebelum mengganti template. Seperti kita tahu seberapa penting Alexa Rank sehingga banyak blogger melakukan cara-cara untuk 'melangsingkan' Alexa Rank blog, itu tidak mudah dan perlu waktu.Usaha yang tidak mudah dan makan waktu tersebut akan terbuang sia-sia saat kita mengganti template blog.

Membuang Waktu, Tenaga, Pikiran

Mengganti template boros tenaga, waktu, dan pikiran. Optimasi-optimasi yang sudah kita lakukan pada blog kita sebelumnya menjadi sia-sia karena kita mengganti template blog. Waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk menulis artikel baru habis untuk melakukan setting ulang template.

Saran

Akibat sering mengganti template blog di atas hanya sebuah sharing pengalaman, semua kembali pada diri kita masing-masing. Jika masih ingin mengganti template blog, saya punya beberapa saran:
  • Selalu lakukan backup template lama, sehingga ketika kita 'menyesal' di kemudian hari kita masih bisa mengganti template blog lama kita.
  • Melakukan testing dan setting di blog demo sampai benar-benar siap dipakai di blog asli. Jika belum punya buat blog demo!
Demikian tips akibat sering mengganti template blog.

di copas dari : www.seowaps.com
Tag : blog
Share :
3 Komentar untuk "Dampak Negatif Sering Mengganti Template Blog"

baru tau sob, nambah pengetahuan deh :)
mampir balik ya http://eleysonc.blogspot.com

Bagus B.G.T!
kunjung balik: zlfs-1995.blogspot.com

nice info gan... jujur saya juga sering ganti2 tempalte.. heheh

Back To Top